urutan warna kabel straight dan cross

Warna Kabel Straight dan Cross

Diposting pada

Penting sekali memahami Urutan atau Susunan Warna Kabel Straight dan Cross (Crossover) serta mengerti fungsi dan kegunaan dari kedua jenis kabel tersebut.

Saat ingin membuat jaringan LAN (Local Area Network), pasti disitu ada yang namanya kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) bukan? Ya, kabel ini sering digunakan untuk kebutuhan membangun jaringan.

kabel UTP
maksudnya kabel UTP ini.

Nah! di dalam kabel UTP sendiri, ada 8 buah kabel dengan warna yang berbeda-beda, hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat untuk menggunakan kabel tersebut memang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Contoh, ketika anda ingin membuat kabel yang berfungsi untuk menghubungkan antara Komputer dengan Router, maka dibutuhkan 1 kabel UTP dimana disetiap ujung kabel, anda harus mengupas kulit kabelnya beberapa Centimeters, lalu memasukan kabel ke connector RJ-45 (ujung 1 untuk komputer, ujung 2 untuk Router).

connector RJ 45 Kabel UTP
gambar connector RJ 45

Urutan Warna Kabel Straight dan Kabel Cross

  • Urutan Warna Kabel Straight:

*Kalau straight, Baik kabel ujung 1 maupun ujung 2, susunan warnanya sama, yakni seperti berikut:

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
cara membuat kabel straight dan kabel cross
  • Urutan Warna Kabel Cross:

*Kalau cross, susunan warna ujung kabel 1 berbeda dengan ujung kabel 2, simak urutan warnanya berikut:

Ujung Kabel 1:

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung Kabel 2:

  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Fungsi Kabel Straight dan Cross

Untuk menghubungkan 2 perangkat jaringan yang berbeda, contohnya kabel straight digunakan untuk menghubungkan Komputer dengan Switch, Router dengan Switch dan lain sebagainya, intinya harus berbeda perangkat.

Jadi kalau itu fungsi kabel straight, harusnya anda sudah paham dong apa itu perbedaan kabel straight dengan kabel Cross? Ya, kalau straight= menghubungkan 2 perangkat berbeda, kalau kabel cross= menghubungkan 2 perangkat sama (Komputer dengan Komputer misalnya)

Cara Membuat Kabel Straight dan Kabel Cross

Jadi, pas kabel UTP sudah dikupas kulitnya, itu kan didalam kabel ada 8 jenis kabel, ada yang kabelnya warnanya 2 (contohnya perpaduan putih orange) ada juga yang warnanya 1 saja (contohnya coklat)

Nah, saat ingin memasukan ke RJ 45, pastikan susunan warna kabel sudah benar sesuai kabel yang ingin dibuat (cross/straight).

Berikut contoh pembuatan kabel cross:

urutan warna kabel cross

Gambar diatas artinya, kalau untuk membuat kabel cross itu kan ujung 1 kabel dan ujung 2 berbeda, nah untuk yang susunan pertama itu (ujung 1) urutan warnanya diawali putih orange-orange, dan seterusnya.

Sementara ujung 2 kabel, dimulai dari urutan putih hijau-hijau, dan seterusnya.

Setelah susunan atau urutan warnanya sudah benar, pastikan posisi kabel sudah bagus juga (kabel benar-benar masuk dan mentok sampe bagian ujung Connector RJ 45)

Selain itu, pas lagi mengunci kabel UTP ke connector, usahakan yang keras (keras dalam artian pas, jangan terlalu longgar) karena itu bisa membuat kabel gagal, untuk mengeceknya bisa pakai tester kabel LAN, biasanya kalau di SMK sudah disediakan itu alatnya lengkap dari Tang, tester, dan lain sebagainya.

Terus Kalau cara membuat kabel straight bagaimana? ya sama saja, tinggal bedakan susunan warna kabelnya (silakan scroll lagi ke atas dan perhatikan baik-baik urutan warnanya)

Bagaimana? kalau masih belum paham, silakan baca pelan-pelan, jangan terburu-buru, karena biasanya kebanyakan yang browsing soal urutan warna kabel straight maupun urutan warna kabel cross lagi posisi bikin kabel, jadi pastikan tetap santai baca artikel dari Blog ini, karena penulisannya sudah saya coba sesimpel mungkin tapi isinya lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *