bagian bagian mesin bubut

Bagian bagian Mesin Bubut dan Penjelasan Fungsinya

Diposting pada

Sebelum anda melangkah lebih jauh dengan memahami Jenis dan Penggunaanya, alangkah baiknya anda harus paham dulu apa saja bagian bagian mesin bubut baik itu bagian utama maupun bagian lain yang ada di perlengkapan mesin.

Dibawah ini admin akan memberikan info mengenai bagian mesin bubut, untuk jenisnya sendiri ada namanya mesin bubut CNC maupun Konvensional. Tapi mengenai jenisnya mungkin akan admin bahas di postingan selanjutnya ya.

Oke, mari kita fokus pada pembahasan kita kali ini yaitu menyebutkan bagian mesin bubut dan fungsinya apa saja, bagi kamu Mahasiswa Teknik Mesin atau Pelajar SMK Jurusan Mesin tentu harus bisa menjelaskan fungsinya pada setiap bagian mesin bubut.

Bagian bagian Mesin Bubut Beserta Fungsinya

Untuk bagian utama sendiri terdiri dari 3 komponen utama mulai dari dinamo penggerak, meja mesin, dudukan mata pahat.

Sementara untuk bagian lengkapnya diantaranya:

1. Eretan Mesin Bubut

Salah satu komponen mesin bubut yang paling terkenal yaitu eretan.

Apa itu?

Eretan adalah tempat dudukan mata pahat dimana cara kerjanya dapat maju mundur ataupun melintang sesuai proses bubutannya.

Pada bagian ini terdapat roda pemutar yang berfungsi untuk mengatur ukuran tingkat ketebalan sayatan.

Eretan pada Mesin bubut sendiri terdiri dari 3 jenis eretan yaitu:

eretan mesin bubut dan fungsinya

Eretan Alas: Sesuai namanya, eretan alas terletak di bagian bawah sendiri pada mesin dibanding jenis eretan lain, eretan alas dapat ke kiri maupun ke kanan.

Eretan Lintang: Satu tingkat di atas eretan alas, ada eretan lintang dimana posisinya melintang terhadap alas, gerakan pada bagian mesin ini yaitu menjauhi dan mendekati operator.

Fungsi eretan lintang ini memberikan ketebalan pemakanan pahat dan terdapat skala ukuran yang tugasnya mengatur tebal penyayatan pahatan.

Eretan Atas: Ketiga, ada eretan atas yang posisinya berada di atas eretan lintang, pada eretan atas ini terdapat skala derajat dimana fungsinya dari eretan atas ini yaitu membuat tirus pada sudfut besar di jarak pendek.

2. Kepala Tetap Mesin Bubut

Bagian kepala tetap ini memiliki poros spindle, fungsinya untuk dudukan cekam. Singkatnya, pada saat poros spindle berputar maka cekaman otomatis berputar juga.

kepala tetap mesin bubut

3. Motor Penggerak Mesin Bubut

Selanjutnya, kalau kalian perhatikan di bawah gearbox atau kepala tetap, itu terdapat Motor Penggerak mesin bubut dengan fungsi mengubah energi listrik jadi energi mekanik, ini komponen penting karena untuk menggerakan semua komponen pada mesin bubut.

motor penggerak mesin bubut

4. Tuas Mesin Bubut

Baik Mesin Bubut CNC, Konvensional, Standar semuanya punya tuas dan berbeda-beda jenis tuasnya.

tuas mesin bubut

Lalu sebenarnya apa fungsinya? Tuas atau handle pada mesin bubut memiliki cukup banyak fungsi seperti mengatur kecepatan spindle, arah pemakanan, on off mesin, mengatur kecepatan pemakanan otomatis, mengatur penguliran serta arah putaran spindle.

5. Emergency Stop Mesin Bubut

Untuk alasan keselamatan kerja, inilah kenapa ada tombol emergency stop termasuk pada mesin bubut.

tombol emergency stop mesin bubut

Seperti namanya, tombol ini berfungsi untuk keperluan darurat misalnya untuk mematikan mesin bubut secara tiba-tiba.

6. Kepala Lepas Mesin Bubut

Kepala lepas atau tail stock berfungsi untuk penahan ujung benda kerja yang di bubut, bisa juga untuk tempat penahan dudukan bor.

kepala lepas mesin bubut

7. Dudukan Pahat Mesin Bubut

Terdapat pada bagian eretan atas mesin bubut, ada yang namanya dudukan pahat (Tool Post), fungsi dari komponen atau bagian mesin bubut ini yaitu menjepit pahatan, ada 2 jenis dudukan pahat.

Standar Tools Post:

standard tools post

Kalau jenis dudukan pahat ini mengandalkan ganjalan untuk mengatur ketinggian mata pahat, dan untuk menggunakannya misal kita ingin mengencangkan pahatan, maka dilakukan dengan memutar baut pada standar tools post.

Adjustable Tools Post:

adjustable tools post

Untuk jenis dudukan pahat yang satu ini lebih mudah karena untuk mengatur ketinggian mata pahat kita tidak perlu ganjalan, untuk fungsinya sendiri sama seperti standard tools post.

8. Pendingin Mesin Bubut

Pendingin (selang coolant) fungsinya pada mesin bubut yaitu untuk kebutuhan pendinginan, selang coolant dapat menyemprotkan cairan ke mesin bubut saat sedang bekerja, sehingga bisa menstabilkan suhu ketika sudah panas.

selang pendingin mesin bubut

Seperti yang kita tahu, suhu stabil sangatlah penting pada mesin bubut agar ketajaman lebih awet serta optimal, apalagi untuk mengebor benda keras, pasti suhu akan cepat panas. Disinilah fungsi pendingin mesin bubut.

9. Alas Mesin Bubut

Berfungsi sebagai tumpuan gaya pemakanan saat pembubutan berjalan serta berfungsi untuk tempat dudukan beberapa bagian mesin bubut seperti kepala lepas, penyangga diam, dan eretan.

alat mesin bubut

10. Poros Pembawa Mesin Bubut

Poros Pembawa (transportir) berada di bagian bawah eretan alas dan bentuknya trapezium ataupun segi 4.

poros pembawa mesin bubut

Fungsi dari poros pembawa ini untuk membawa eretan mesin bubut otomatis saat pembubutan sedang berjalan.

11. Alat pencekam Mesin Bubut

Bagian ini berfungsi untuk mencekam benda keras yang dibubut, ada beberapa jenis alat cekam mesin bubut yaitu cekam utama yang berfungsi menjepit benda saat pembubutan dan ada juga cekam kolet.

alat pencekam rahang 3
alat pencekam rahang 3
alat pencekam rahang 4 mesin bubut
alat pencekam rahang 4
alat pencekam mesin bubut chuck kolet

12. Rem Kaki Mesin bubut

Fungsi bagian rem kaki pada mesin bubut adalah menghentikan putaran mesin saat posisi tertentu dalam proses pembubutan.

rem kaki mesin bubut

Update Info: Baca juga yuk => jenis mesin bubut.

Demikianlah penjelasan fungsi dari bagian bagian mesin bubut beserta gambarnya, jika ada tambahan atau koreksi silakan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *